Sukseskah sidang skripsi/tesis kamu?

Diposting pada

Adakah diantara kalian yang sukses sidang skripsi?atau malah sebaliknya? semoga banyak yang sukses sidang skripsi nya ya..Sukses tidaknya saat sidang skripsi tergantung dari kita sendiri dan tentunya ada faktor “Luck”.

Pasti banyak diantara kalian yang mengalami rasa cemas saat mau sidang skripsi/tesis. Semakin dekat dengan  hari H, jantung berdetak lebih kencang,  was-was, takut, gelisah, resah jadi satu (Lebayyyy…). Mau masuk ruang sidang aja, mikirnya antara “hidup & mati”. Apalagi ada kabar teman kita yang udah sidang skripsi duluan, tapi dibantai abis-abisan, sampai  ada yang “Ga Lulus”, haduhhhhh….makin parno kan!. Rasa ini juga saya alami dulu, dua kali masuk ruang sidang (skripsi dan tesis) walaupun rentan sidang skripsi dan tesis lumayan lama (4 tahun) tapi rasanya sama saja dag dig dug derrrrr. Cuma pas sidang thesisnya sudah agak bisa mengontrol gejolak jiwa yang berkecambuk hehe,,mungkin karna sudah pernah ngrasain sidang kali ya,.tapi tetep ya guys, malamnya sudah komat kamit baca doa, dzikiran, yang tadinya jarang solat malam, jadi rajin (aku bangettz), berharap pengujinya “khilaf”, lagi baik hati, banyak kerjaan, bla..bla…blaa.. komplit doanya, intinya sidang skripsinya sukses, lulus dengan revisi, tapi revisinya ga usah banyak-banyak hehe.. (kalau lulus tanpa revisi, ga mungkin lah ya)

Nah sekarang bagaimana cara mengurangi tingkat kecemasan (stress) saat menghadapi sidang skripsi/tesis. Ini dia guys tipsnya “Tips & Triks Sukses Sidang Sripsi/Tesis

Happy reading 🙂

Gambar Gravatar
sangat tertarik dalam bidang statistik & research, bisa diskusi/konsultasi kuliah,tugas akhir (TA, skripsi, tesis, disertasi) ngolahin data..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *