Statistik / Statistika: Makna dan Jenis

Diposting pada

Pada dasarnya secara tidak langsung kita sudah mengaplikasikan “statistik” dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh perkembangan kenaikan harga bahan pokok pangan, omset penjualan bisnis online, data sensus penduduk, sensus ekonomi. Bidang pendidikan mislanya data peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, data perkembangan hasil belajar siswa dsb. Lalu apa sih staistik itu?

Ada statistik ada statistika, pada dasarnya kedua kata ini memiliki makna yang berbeda, namun pada prakteknya kedua istilah ini sering disamakan artinya, intinya sama-sama berurusan dengan data dan angka. Secara sederhana statistik itu menunjukkan datanya (ukuran, angka-angka) sedangkan statistika menunjukan ilmu pengetahuan untuk menemukan data/angka-angka tersebut.

STATISTIK

  • Sudjana, 2000;  digunakan untuk menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. ( Sudjana. 2000. Metoda Statistika)
  • Griffiths,2009,  kumpulan angka-angka yang menggambarkan fakta-fakta dan menyusunnya menjadi bentuk yang sangat bermakna dan mengambil kesimpulan dari data tersebut (dalam Muhammad Ali Gunawan,2015, Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial)
  • Larson & Fraber, 2012, menjelaskan ” Statistics is the science of collecting, organizing, analyzing, and interpreting data in order to make decisions” . dapat diartikan bahwa satistik merupakan ilmu pengetahuan mulai dari mengumpulkan, mengorganiser, analisis dan interpretasi data untuk membuat keputusan/ kesimpulan (Larson & Fraber. 2012. Elementary Statustics Picturing  The World)

 

STATISTIKA

  • Sudjana, 2000;  statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-caara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan.

Statistika/statistik dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Statistika deskripsi (Descriptive Statistics): statistika yang berkaitan dengan menggambarkan atau mendeskripsikan data (fakta-fakta) sehingga mudah dipahami
  2. Statistika Inferensia (Inferential statistics):  Menggeneralisasikan hasil temuan yang diperoleh pada sampel (data sampel) untuk menggambarkan karakteristik pada populasi. Atau dengan kata lain statistika inferensia merupakan serangkaian teknik yang digunakan untuk mengkaji, menaksir dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakteristik populasinya (Sofyan Siregar ((2014) Statistik Deskripsi untuk Penelitian)

Statistika Inferensia (Inferential statistics) dibedakan menjadi dua:

  1. Statistika Parametrik : Mensyaratkan persyaratan-persyaratan tertentu (mempertimbangkan jenis sebaran/distribusi data), seperti data berdistribusi normal, hubungan linier, homogenitas varians, sampel random. Ciri statistik parametrik: Skala pengukuran data yang digunakan adalah interval & rasio. dengan ukuran sampel lebih besar sama dengan 30.
  2. Statistika Non-Parametrik: Tidak mensyaratkan persyaratan-persyaratan tertentu (Statistika Bebas Distribusi). Skala pengukuran data yang digunakan adalah nominal & ordinal dengan ukuran sampel kurang 30.

 

Gambar Gravatar
sangat tertarik dalam bidang statistik & research, bisa diskusi/konsultasi kuliah,tugas akhir (TA, skripsi, tesis, disertasi) ngolahin data..

7 thoughts on “Statistik / Statistika: Makna dan Jenis

  1. Apakah statistik inferensia lebih sulit/rumit dibandingkan dengan statistik deskripsi seperti makul di sms 2 bu?🙏

    1. secara teoritis iya, karna dalam staistik inferinsia rumus dan hitungannya lebih banyak dibandingkan dengan deskripsi, tapi tenang saja selama ada niat yang baik pasti bisa teratasi ya..terlihat sulit karna belum kenalan dan belum terbiasa 🙂

      1. Oh iya bu,terimakasih atas penjelasannya, semoga kami dapat mengikuti materi dengan baik serta teliti sehingga dapat menguasai pelajarannya bu🙏😊

  2. C_Fina Anisyani_053… Bu contoh dari statistik Inferensia itu seperti apa dan perbedaanya dengan statistik deskripsi bu?? 🙏

    1. yang pling membedakan statistik inferensia dan deskripsi, jika di inferensia hasil hitungan analisis berdasalkn data sampel dan hasilnya dapat dibuat untuk menyimpulkn populasinya, pengmbilan kesimpuln pada statistik inferensia berdasrkan proses pengujian hipotesis. kalau contoh statin sering digunkn dlm penelitian misalny mengethui hubungan atar varibel, perbedaan/ komparasi, hubungn kausalitas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *