Analisis Kualitas Butir Soal Secara Kualitatif

Diposting pada

Analisis kualitas butir soal dapat dilakukan secara kualitataif maupaun kuantitatif. Analisis kualitas butir soal secara kualitatif merupakan analisis butir soal yang dilakukan secara kualitatif menggunakan format penelahaan soal yang dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan untuk setiap butir soal (tes). Telaah butir soal (tes) menggunakan “ahli” dibidangnya. Contoh: Instrument tes digunakan untuk mengukur kemampuan matematika siswa, maka yang menjadi penelaah butir tes (ahli) adalah ahli matematika, bisa dosen matematika, guru senior matematika. Analisis kualitas butir soal secara kualitatif juga sering disebut dengan uji validitas secara internal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan Analisis Kualitas butir soal secara kualitatif

  1. Dalam melakukan telaah butir soal diperlukan table blue print (kisi-kisi) penyusunan butir soal
  2. Penelaah butir soal dilakukan oleh beberapa ahli (lebih dari 1)
  3. Aspek yang diperhatikan dalam analisis butir soal secara kualitatif mencakup aspek materi, konstruksi, dan bahasa
  • Aspek Materi (isi); berkaitan dengan kelayakan pengetahuan yang ditanyakan. Terdapat 3 (tiga) kriteria dari aspek materi, yaitu: (a) Soal sesuai dengan indikator yang hendak diukur, (b) Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi, dan (c) Pengecoh dari setiap butir soal sudah logis dan sudah berfungsi.
  • Aspek Konstruksi (teknis);  berkaitan dengan prinsip-prinsip pengukuran dan teknik penulisan soal. Terdapat 9 point yang perlu diperhatikan dalam menyusun aspek kontruksi butir soal, yaitu : (a) Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas, (b) Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja, (c) Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban, (d) Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda, (e) Gambar, grafik, tabel, diagram atau sejenisnya jelas dan berfungsi, (f) Panjang pilihan jawaban relatif sama, (g) Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya, (h) Pilahan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka dan kronologisnya, dan (i) Butir soal tidak tergantung pada jawaban soal sebelumnya.
  • Aspek Bahasa (editorial); berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar menurut EYD. Terdapat 4 kriteria dalam aspek bahasa, yaitu: (a) Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, (b) Menggunakan bahasa yang komunikatif, (c) Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu, (d) Pilihan jawaban tidak mengulang kata atau kelompok kata yang sama, kecuali merupakan satu kesatuan pengertian.

Untuk lebih jelasnya saya akan kasih contoh tabel atau lembar peneilaian analisis kualitas butir soal secara kualitatif. Ini saya gunakan untuk lembar penilaian kualitas butir soal uji coba ke-3 Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Boleh ditambah atau dikurangi, menyesuaikan dengan bidang studi tes yang akan kalian gunakan dan tentunya sesuai dengan masing-masing aspek penelilain.

Contoh Lembar Penilaian kualitas butir soal

 

 

 

 

 

 

 

 

Semoga bermanfaat,, Baca juga ” Analisis Butir Soal Secara Kuantitaif & Analisis butir soal dengan Iteman”

Happy Learning 🙂

Gambar Gravatar
sangat tertarik dalam bidang statistik & research, bisa diskusi/konsultasi kuliah,tugas akhir (TA, skripsi, tesis, disertasi) ngolahin data..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *